Belajar Tawakkal (Dalam Mengais Rezeki) Dari Seekor Burung

Header Halaman Destop

Banner Iklan Sariksa

Belajar Tawakkal (Dalam Mengais Rezeki) Dari Seekor Burung

Minggu, 14 Desember 2014
Oleh : Ustadz Yusuf Mansyur
“Sungguh, seandainya kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya kalian akan diberi REZKI sebagaimana REZKI burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR At-Tirmidzi)
TERNYATA ada beberapa SIFAT dan SIKAP yang dilakukan oleh burung dalam mencari makanannya, yaitu:
1. BURUNG SELALU BANGUN PAGI
Tidak ada burung yang bangunnya kesiangan, kecuali burung sakit, atau burung malam (burung hantu). Namun jika dilihat secara umum, burung selalu bangun pagi. Ia bangun dengan penuh OPTIMISME, RIANG dan GEMBIRA tanpa ada rasa KHAWATIR sedikitpun akan makan apa hari ini, tidak pernah KHAWATIR akan REZKI yang pasti sudah disiapkan oleh Allah . Bahkan di celah persiapannya, dia sambil sibuk bernyanyi dan membangunkan manusia, seolah dia menunjukkan kepada kita akan REZKI Allah yang selalu siap kita jemput. Seolah ia menunjukkan kepada kita bagaimana ia BERTASBIH kepada Allah , melalui kicauannya.
Contohlah burung saat ia bangun pagi, ia selalu menyempatkan diri untuk BERSYUKUR, MEMUJI Allah yang Maha Pemurah, dan BERTASBIH kepada Allah melalui nyanyiannya. Kita diberi infrastruktur jauh lebih istimewa daripada burung, mari kita gunakan waktu kita untuk bangun pagi, BERSYUKUR, BERTASBIH dan BERMUNAJAT kepada Allah , seperti yang dilakukan oleh burung.
2. BURUNG BERUSAHA BERDIRI, PERSIAPAN SEBELUM TERBANG
Dalam usaha mencari REZKI, kita juga harus melakukan “pemanasan”, persiapan FISIK maupun MENTAL, maupun FIKIRAN guna kesempurnaan IKHTIAR kita.
3. BURUNG TERBANG DAN MENGEPAKKAN SAYAP MELAWAN GRAVITASI BUMI
Dalam usaha mencari REZKI, jarang sekali tanpa hambatan ataupun kesulitan yang kita hadapi, seperti burung saat terbang dia BERUSAHA SEKUAT TENAGA untuk melawan grafitasi bumi, agar tidak terjatuh.
Seperti kita, di setiap usaha ada saja penolakan, kelelahan, kesulitan, kebuntuan berfikir yang kadang kita temui, namun yakinlah, bahwa semua itu akan membuat kita menjadi lebih taft (tough), lebih tangguh, lebih ahli di kemudian hari, seperti otot-otot sayap burung, karena setiap hari melawan kuatnya gravitasi bumi, dia akan menjadi lebih KUAT dan KUAT LAGI, hingga jika dalam cuaca ekstrim sekalipun, dia telah terbiasa. Jika kita telah terbiasa dengan “ hujan badai “ sulitnya mencari REZKI, maka disaat ada cuaca normal, semua kondisi wajar, kita akan dengan mudah menaklukkan tantangan kehidupan tersebut.
4. SAAT TERBANG SELALU YAKIN DAN TAK PERNAH RAGU
“Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” (Ath Tholaq: 3)
Saat kita telah berdo’a, dan BERTAWAKKAL kepada Allah, maka jangan pernah ragukan hasilnya, karena yakinlah, Allah telah mempersiapkan REZKI untuk kita. Burung tak pernah RAGU saat terbang, dia selalu yakin bahwa, disana ada HARAPAN, yang telah dipersiapkan oleh Allah .
5. TERBANG DGN INSTING, KE TEMPAT YANG RIMBUN DAN SUBUR
Dalam usaha mencari REZKI, diperlukan “ILMU” yang relevan, guna menunjang kesempurnaan IKHTIAR. Jikalau burung hanya dibekali insting oleh Allah , untuk mencari tempat-tempat yang rimbun dan subur makanan, maka kita diberi panca indra dan akal pikiran yang luar biasa oleh Allah , yang bisa kita gunakan untuk menganalisa dimana tempat-tempat yang subur dan rimbun akan REZKI Allah .
6. SETELAH MAKAN, DIA BAWA PULANG SEBAGIAN REZKINYA
Saat mencari REZKI, jangan pernah lupakan beban AMANAH KELUARGA, anak istri yang selalu menanti hasil ikhtiar yang kita lakukan.
7. JIKA MENGAMBIL MAKANAN, BURUNG TIDAK PERNAH MERUSAK
Saat mengambil makanan, burung selalu dengan cara yang INDAH dan SANTUN, tidak pernah ia melakukan perusakan dalam proses pencarian makanan, bahkan ada beberapa jenis burung yang membantu proses pembuahan beberapa tanaman.
Malu rasanya, jika kita dalam proses mencari REZKI kita, harus merugikan orang, harus merusak hak-hak orang, harus menyakiti dan mengecewakan orang lain.
“Barang siapa yg merasa lelah di sore hari karena mencari REZKI dengan tangannya, maka akan diampuni dosa dosanya.” (HR Tabroni)
Subhanallah …
Semoga ALLAH senantiasa melindungi kita dari godaan setan yang terkutuk, dan semoga ALLAH selalu memberikan kita kesabaran dalam setiap ujiannnya dan memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Aamiin