Dinamika Perpolitikan Hmi Mpo Pekanbaru

Header Halaman Destop

Banner Iklan Sariksa

Dinamika Perpolitikan Hmi Mpo Pekanbaru

Sabtu, 05 November 2011
  Dinamika Politik di Tubuh Hmi-Mpo
Kecendrungan melakukan berbagai kegiatan termasuk dengan tidak mematikan sistem perkaderan dan perjuangan sering terjadi pergejolakan diantara kader-kader Hmi Mpo itu sendiri yang menunjukan bahwa adanya proses yang memang sulit dan penuh pertimbangan yang tidak lain terbangunnya jiwa demokrasi di tubuh Hmi-Mpo itu sendiri. Dengan adanya paksaan jiwa tersendiri kader-kader Hmi Mpo mulai rutin melakukan berbagai diskusi-diskusi, seminar-seminar walaupun hanya dihadiri beberapa orang kader-kader, yang tujuannya untuk membangkitkan semangat demokrasi tersebut yang tidak lain untuk meningkatkan disiplin ilmu di Hmi dan meningkatkan semangat juang setiap kader dengan berbekal berbagai Keahlian
yang dimiliki setiap kader-kader.
Setelah merasa adanya kemampuan setiap kader-kader yang tidak henti-hentinya dibakar semangat oleh senior-senior Hmi maka mulailah melakukan kekuatan politik diluar tubuh Hmi-mpo yang tidak lain untuk mentrasformasikan dan  mengimplementasikan nilai-nilai, prinsip-prinsip dan ilmu-ilmu Hmi yang lebih luas lagi. Keberhasilan Hmi-Mpo juga terlihat dengan berhasilnya menerapkan nilai-nilai budaya melayu baik didalam diri setiap kader maupun cara berpikir dan bertindak.  Dan dengan inilah maka maka HMI-MPO bisa diterima disetiap organisasi lainya yang berada di Riau.
Dengan prinsip untuk memajukan dan memperjuangkan Hmi-Mpo di bumi melayu dengan tidak memandang kepentingan apapun Hmi Mpo berhasil membawa corak organisasi yang begitu kontras dengan organisasi lainnya di Riau. Terlihat beberapa kali terjadinya pergantian pimpinan ketua umum tidak pernah terjadinya kendala-kendala dan menimbulkan perdebatan yang ulet walaupun ada sedikit perbedan pandangan di setiap kader itu hal yang wajar. Dan dengan semangat saling membantu inilah setiap kader merasa memiliki tanggung jawab secara individu yang menciptakan kekompakan dan merasa memiliki Hmi secara bersama.
Keistimewaan di Hmi Mpo begitu nampak yang mana setiap orang dinegeri ini saling berebut kekuasaan di setiap organisasi maupun partai politik, Hmi Mpo malah setiap kader merasa tidak sanggup untuk memegang kekuasaan seperti menjadi ketua umum walaupun telah dipercayai, ini menunjukan betapa besarnya tanggung jawab yang harus diemban tidak hanya kepada masyarakat tetapi pertanggungjawaban kepada tuhan yang lebih utama.

Dinamika Politik di Luar Tubuh Hmi-Mpo
Implementasian ke-Hmi-an diluar tubuh Hmi Mpo terlihat berbaurnya Hmi-Mpo dengan organisasi dan kalangan lainnya untuk melakukan berbagai kesepakan dan kegiatan yang mana Hmi-Mpo lah yang menjadi penggeraknya ini begitu terlihat sekali ketika dalam melakukan pengaktualisasian diri Hmi-Mpo dalam penolakan kasus–kasus yang dilakukan pemerintah riau dengan melakukan aksi turun jalan secara besar-besaran yang mana hmilah jadi mentornya yaitu dalam kasus century gate tahun 2009 yang menyebabkan beberapa kader hmi-mpo di tangkap oleh satuan polisi. Namun ini tidak menyurutkan semangat kader malah membangkitkan semangat yang luar biasa untuk terus melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah lokal dan nasional.
Melihat situasi politik bangsa yang terlalu memaksa dan otoriter maka Hmi-Mpo memposisikan di garis keindependensian diri dengan terus mempresure setiap kebijakan pemerintah terlihat pada tahun 2009 sering terjadinya demonstrasi yang dilakukan Hmi-Mpo. Inilah yang dikenal dalam slogan Hmi-Mpo yaitu baca, diskusi, aksi yang mana aksimerupakanan realisasi dari nilai-nilai Hmi yang harus dilakukan untuk menunjukan kepada publik yang tentunya memiliki ciri khas ala Hmi-Mpo.
Terlepas dari itu Hmi-Mpo sering melakukan sosialisasi dan konsolidasi di berbagai kalangan untuk menciptakan keharmonisan dalam berorganisasi. Seiiring perjalanan pergejolakan politik juga semangkin memanas ketika Hmi-Mpo dengan semangat juang yang dimilikinya terus melakukan aksi massa yang membuat pemerintah agak sedikit gerah dan dengan ini juga semangat dari kalangan organ lainya juga bangkit.
Namun bagaimana pun situasi politik bangsa ini sudah di buat sedemikian rupa mau tidak mau kita sebagai rakyat juga harus menerimanya walaupun dengan rasa terpaksa, kekuatan berada di tangan penguasa. Namun Hmi-Mpo tetap digaris tauhid yang senantiasa memperjuangakan konsep ke-ilahian yang tentunya untuk menciptakan tatanan masyarakat yang di ridhoi Allah SWT sebagaimana tujuan Hmi-Mpo.
Hmi-Mpo muncul di Pekanbaru tergolong muda yaitu lahir pada tahun 2000 namun kiprah dan perjuangannya bisa diperhitungkan bahkan beberapa tahun setelah saya mengikuti latihan kader pada tahun 2007 Hmi-Mpo sudah menunjukan beberapa kiprahnya di dunia politik di Riau dan sudah dikenal oleh masyarakat terutama kalangan mahasiswa. Kemudian melihat perpolitikan kampus terutama kampus UIN Pekanbaru yang mayoritas kalangan komunitas hijau hitam terbesar berasal dari kampus UIN. Tidak dipungkiri kalangan Hmi-Mpo belum cukup kuat untuk merebut kekuasaan di kampus karna memang Hmi-Mpo kurang diterimanya oleh sebagian besar masyarakat kampus, namun seiring perjalanan Hmi-Mpo mulai di lirik dan diperhitungkan dari kalangan organisasi yang berada dilingkungan kampus dengan mengadakan beberapa kontrak politik untuk merebut kursi senat dan BLM dikampus.
Walaupun massa dari Hmi-Mpo belum begitu besar namun boleh dikatakan bahwa Hmi-Mpo sudah dapat mewarnai dunia gerakan baik dikampus maupun diluar kampus dengan menunjukan konsistensiannya dengan mengusung konsep islam sebagai paradigma gerakannya. Dengan semangat juang pada tahun-tahun berikutnya Hmi Mpo sudah mulai besar dan alhasil kader-kader Hmi Mpo sendiri sudah memegang jabatan-jabatan strategis dikampus. Untuk itu Hmi–Mpo tidak pernah berhenti untuk melakukan proses pencerahan kepada masyarakat pada umumnya.

Evaluasi buat Hmi-Mpo Pekanbaru
Apapun namanya baik itu organisasi, partai potik, perusahaan, dll. Pasti menglami tingkat pertumbuhan dan kemajuan. Hmi Mpo pekanbaru sendiri mulai dari mucul sampai pada tahap perkembangan mengalami berbagai hambatan baik di internal maupun eksternal. Internal misalnya Hmi Mpo sering terjadinya kesalahpahaman antara kader - kader yang menyebabkan Hmi Mpo agak sedikit diam namun itulah yang namanya dinamika sebuah organisasi. Jika melihat hal seperti itu hendaklah dijadikan sebuah evaluasi organisasi untuk menuju kemajuan suatu organisasi yang namanya Hmi Mpo. Kemudian buat kader-kader yakinlah bahwa akan ada suatu manfaat yang anda petik dari Hmi Mpo ini dan jangan sampai mengenal putus asa dalam memperjuangkan dan membesarkan Hmi Mpo buat masyarakat karna memang suatu pahala yang akan kita dapatkan karna perjuangan itu adalah dakwah.
Ekternal misalnya dalam hal perbedaan pandangan terhadap ideologi dengan kalangan organisasi lainnya yang menimbulkan ketidak cocokan antara Hmi Mpo dengan organisasi lain, namun ini hendaklah kita dari kaum MPO bisa memperjuangkan dan menawarkan konsep-konsep Hmi Mpo dengan berpegang pada syari’at islam serta mempertahankan konstitusi Hmi Mpo yang tidak bisa di intervensi oleh siapapun dan apapun.


 Oleh: Tarmizi (Sekretaris Umum Hmi Cab. Pku)


Wassalam....Jayalah Hmi.