KAHMI Berqurban, Alumni Sumbang Empat Ekor Sapi

Header Halaman Destop

Banner Iklan Sariksa

KAHMI Berqurban, Alumni Sumbang Empat Ekor Sapi

Minggu, 13 November 2011
KAHMI (Korp Alumni HMI ) akan melaksanakan Qurban pada tanggal 7 November 2011 atau satu hari selepas melaksanakan sholat Ied pada Raya Haji tahun ini. Pemotongan hewan qurban dilaksanakan di Sekretariat Pusat Kegiatan KAHMI Riau, Jalan Melayu, Pasar Pagi Arengka Pekanbaru. Qurban berupa empat ekor sapi yang berasal dari sumbangan alumni-alumni dan pengurus KAHMI Riau.
Diantara yang berqurban adalah Ketua Umum KAHMI Riau Johar Firdaus berupa satu ekor sapi, Indra Muchlis Adnan satu ekor sapi, Fauzi
Yusuf juga satu ekor sapi dan satu ekor sapi lagi dari gabungan para pengurus KAHMI Riau.
Menurut Ketua Panitia, Sumitro, acara qurban akan dilaksanakan hari Senin pagi dengan dimulai acara pembukaan di kantor KAHMI serta dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban dan makan siang bersama. Adapun daging qurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitar.
Johar Firdaus Ketua KAHMI Riau menambahkan, acara KAHMI Berqurban adalah sebuah bentuk kepedulian Korps Alumni HMI untuk sesama. Sebagai organisasi yang bernafaskan Islam, KAHMI sangat berkomitmen dalam membangun umat, salah satunya dalam bentuk acara KAHMI Berqurban.
”Adakalanya kita perlu berbagi antara sesama, kalau ada niat maka tunaikanlah, memang terkadang tatkala muncul dihadapan kita peluang untuk menyisihkan sebagian harta guna berqurban. Tiba-tiba saja terbayang dibenak kita aneka kebutuhan yang masih tertunda dan harus dipenuhi segera. Padahal jika kita pikir ulang, kebutuhan itu bukanlah kebutuhan sebenarnya yang bersifat mendesak melainkan hanya sekedar keinginan hawa nafsu belaka,” Kata Johar
Masih menurut Johar, dalam kondisi seperti itu, bagi yang memiliki kelebihan harta sebenarnya kita sedang diuji, apakah kita termasuk hamba Allah yang bersyukur atau tidak. Bukankah harta yang diperoleh selama ini adalah anugerah dan pemberian-Nya? Kenapa ketika Allah SWT menghendaki kita menyisihkan sebagian kecil saja, timbul rasa berat di dalam jiwa? Sungguh jika kita mau berinstrospeksi betapa anugerah Allah SWT yang dilimpahkan kepada kita begitu banyak dan tak terhingga, hati kita akan merasa sangat ringan untuk berkorban.
Allah SWT berfirman, ?Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.? (108:1-2)
Dan jelas bahwa Allah memberikan kepada kita nikmat yang banyak. Kita lahir dalam kondisi tidak memiliki apa-apa. Maka segala apa yang ada pada kita kini adalah semata-mata karena nikmat dari-Nya. Guna mewujudkan rasa syukur atas kenikmatan itu, maka jalan terbaik adalah memperkuat ketaatan kepada Allah SWT. Dan ibadah kurban adalah salah satu bentuk ketaatan yang dianjurkan oleh-Nya.
”Semoga acara kahmi berqurban bermanfaat dan kita bisa membuktikan rasa syukur kita dengan berkorban. Secara simbolis kita memang mengkorban hewan ternak, namun secara substansi kita mengkorban sifat-sifat buruk dari dalam diri kita” jelas Johar